Kamis, 11 September 2014

UKM : Gula Aren dan Arang Kayu



Adanya usaha usaha kecil berskala home industri yang dikelola dan dimiliki langsung oleh masyarakat RW 5 sebagai sumber penghasilan yang dimiliki oleh warga RW 5 seperti Pembuatan Gula Aren, hampir setiap rumah di RW 5 merupakan pembuat Gula Aren asli. Dan untuk wilayah pemasaran Gula Aren tersebut masih disekitaran Desa Cikadu dan sesekali mendapatkan pesanan dari pihak Pemerintahan Provinsi Jawa Barat untuk beberapa acara ataupun untuk cinderamata sebuah acara, sementara apabila akan ada pemesanan dari luar desa atau luar kota bisa melakukan pemesanan ke Nomor 0821-3097-5788 ( Aju Rahayu ) atau datang langsung ke Kp.  Cisalak RW 5 Desa Cikadu Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang.
 
Sementara itu selain Pembuatan Gula Aren ada juga sentra industri pembuatan Arang Kayu yang dimiliki oleh warga, kayu yang digunakan untuk pembuatan merupakan pohon – pohon rawa, dan untuk harga sendiri bervariasi apabila datang langsung ke lokasi harga per karung nya yaitu Rp. 55.000, sementara untuk pengiriman ke Luar Kota harga perkarung mencapai Rp. 70.000 – Rp. 80.000 per karung sesuai daerah pengiriman dengan minimal pembelian 70 karung dan harga tersebut sudah termasuk ongkos kirim ke lokasi, namun harga sewaktu – waktu dapat berubah sesuai kondisi yang ada, dan sampai saat ini pemasaran arang kayu hanya baru disekitar Subang dan Bandung saja.
Untuk pemesanan arang kayu bisa melakukan pemesanana ke Nomor 0821-3097-5788 ( Aju Rahayu ) atau datang langsung ke Kp. Cisalak RW 5 Desa Cikadu Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar